Home » | semolowaru.blogspot.com

Lima Konsep Tentang Peredaran Darah


Pertama. Secara sederhana, aliran darah berawal dari sisi kanan jantung (atrium dan ventrikel kanan), kemudian ke sisi kiri jantung (atrium dan ventrikel kiri).

Kedua. Kedua atrium berkontraksi (memompa darah) pada saat yang bersamaan, begitu juga kedua ventrikel. Dengan kata lain, jantung bekerja sebagai dua pompa, satu di sebelah kanan dan satu di sebelah kiri yang bekerja secara bersamaan

Lima Konsep Tentang Peredaran Darah semolowaru.blogspot.com

Ketiga. Sisi kanan jantung (ventrikel kanan) memompa darah ke sirkulasi paru-paru pada saat yang sama ketika sisi kiri jantung (atrium kiri) memompa darah ke sirkulasi sistemik (seluruh tubuh).

Keempat. Alurnya: Darah vena (terdeoksigenasi) dari peredaran sistemik memasuki atrium kanan melalui vena cava superior dan inferior. Selanjutnya, darah mengalir melalui katup trikuspid untuk memasuki ventrikel kanan. Dari ventrikel kanan melewati katup semilunar paru ke arteri paru, lalu ke paru-paru untuk "mengambil" oksigen segar dan "membuang" karbondioksida. Darah dengan oksigen segar tersebut disebut sebagai darah teroksigenasi. Darah teroksigenasi ini selanjutnya dialirkan ke vena paru, kemudian ke atrium kiri. Dari atrium kiri, darah ke ventrikel kiri malalui katup mitral (bikuspid). Dari ventrikel kiri inilah, darah melalui katup semilunar aorta menuju aorta asendens hingga memasuki seluruh tubuh. (Agar lebih mudah, sembari lihat Gambar di atas)

Kelima. Selama jantung kita masih normal, siklus itulah yang terjadi berulang-ulang sepanjang hidup.


sumber : http://terselubungsekali.blogspot.com/2011/02/lima-konsep-tentang-peredaran-darah.html


 

Copyright 2011 SEMOLOWARU.BLOGSPOT.COM | Menatap Dunia dari Kelurahan Semolowaru.
Privacy Policy. Blogger Template by Nurudin Jauhari